PENDEKATAN PEMBELAJARAN
KIMIA BERBASIS ANDROID
OLEH :
Dra. Hj. ZAENAB, M.Si
( GURU SMK NEGERI 4 GOWA )
Seiring dengan perkembangan paradigma dunia
tentang
makna pendidikan, maka pendidikan menghadapi berbagai tantangan dari
perannya sebagai penghasil sumber daya
manusia secara utuh. Dan sangat diharapkan
pendidikan menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan kearah yang lebih
baik. Karena itu kualitas pendidikan dituntut agar nilai-nilai pembelajaran
yang diperoleh peserta didik dapat membentuknya menghadapi berbagai tantangan.
Pembelajaran
pada hakikatnya merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan
lingkungannya sehingga terjadi perubahan kearah yang lebih baik. Banyak faktor yang
mempengaruhi proses interaksi, baik faktor internal yang datang dari dalam individu maupun eksternal yang datang
dari lingkungannya. Tugas pendidik yang paling utama adalah mengkondisikan
lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku peserta didik.
Sejalan
dengan itu Pembelajaran Kimia
menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui pengembangan
keterampilan proses dan sikap ilmiah. Dan Pembelajaran kimia dapat
terlaksana dengan baik dengan adanya interaksi pembelajaran yang menarik antara
pendidik dan peserta didik. Keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran sangat
dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti strategi pembelajaran, metode dan
pendekatan pembelajaran, serta sumber belajar yang digunakan baik dalam bentuk
buku, modul, lembar kerja, maupun media. Penggunaan media dalam pembelajaran
dapat membantu keterbatasan pendidik dalam menyampaikan informasi maupun
keterbatasan jam pelajaran di kelas. Media berfungsi sebagai sumber informasi
materi pembelajaran maupun sumber soal latihan. Kualitas pembelajaran juga
dipengaruhi oleh perbedaan individu peserta didik, baik perbedaan gaya belajar,
perbedaan kemampuan kognitif, perbedaan kecepatan belajar, maupun perbedaan
latar belakang. Media
pembelajaran dapat dibuat dan dirancang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Media pembelajaran berbantuan
teknologi dan informasi (TIK) dapat digunakan untuk menjadikan pembelajaran menjadi
menarik dan memberikan dampak yang positif terhadap performa akademik berupa
motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik Penggunaan media pembelajaran berbantuan TIK
dapat membuat pembelajaran kimia menjadi lebih efektif. Penggunaan media
pembelajaran berbantuan TIK juga dapat memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran. Salah
satu media pembelajaran berbantuan TIK
yang dapat digunakan berupa media pembelajaran yang dioperasikan pada perangkat
smartphone dengan sistem operasi Android. Saat ini, sistem operasi Android
merupakan sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan oleh
masyarakat, khususnya di kalangan peserta didik SMA/SMK. Penggunaan media
pembelajaran berbasis Android merupakan salah satu penerapan gaya belajar abad
ke 21.
Penggunaan media pembelajaran sejenis ini (
M-Learning ) ,Kesuksesan
Android ini tidak lepas dari sifatnya yang tebuka (open source) yaitu dapat
memberikan sumber kode perangkat lunak gratis sehingga para pengembang bisa
mengembangkan, mendistribusikan, dan menggandakannya tanpa perlu membayar
lisensi apapun. Selain itu Android telah disediakan aplikasi yang berbayar maupun
gratis oleh pengembang Android sehingga memudahkan pengguna Saat ini
sudah banyak aplikasi yang disediakan melalui Play Store dan pengguna hanya
tinggal mengunduh dan menginstallnya saja ke dalam smartphone. Jadi penggunaan media pembelajaran berbasis Android berpotensi untuk membantu
meningkatkan performa akademik peserta didik berupa hasil belajar pada ranah
kognitif dan motivasi belajar peserta
didik.Implementasi pembelajaran menggunakan smartphone dan tablet dapat
memberikan dampak positif terhadap dimensi kognitif, metakognitif, afektif, dan
sosial budaya. Smartphone dan tablet memiliki kekuatan untuk mentransformasi pengalaman
belajar. Media pembelajaran jenis ini memungkinkan peserta didik belajar tidak terbatas oleh
waktu dan tempat dengan aplikasi yang
menarik. Selain itu media pembelajaran
juga dapat meningkatkan kualitas proses belajar karena dengan bantuan media
pembelajaran akan tahan lama sebagai kualitas pembelajaran yang memiliki nilai
tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar