Rabu, 21 November 2018

Padlet Sebagai Media Pembelajaran






Di Era sekarang , dijaman kemajuan teknologi , kita harus membaur dan bisa ikut andil dalam kemajuan teknologi tersebut. Dalam artian sebagai seorang guru yang profesional dalam menghasilkan peserta didik yang mampu menggunakan serta memanfaatkan teknologi tersebut.
Sebagai guru profesional mampu mendidik dan mengantarkan peserta didik dalam pembelajaran yang lebih inovatif, sebagai contoh dapat menggunakan aplikasi di internet. Salah satunya adalah Padlet.
Padlet merupakan sarana berbasis web menyusun ide dan berkolaborasi secara online. Dengan Padlet memungkinkan kita berdiskusi langsung dengan banyak orang atau sesama teman dalam satu kelas. Misalnya , guru memberikan topik materi pembelajaran , maka secara berkelompok berdiskusi selanjutnya hasil diskusi dipaparkan dalam Padlet sehingga kelompok lain dapat melihat dan memberi komentar atau tanggapan.

Padlet merupakan papan tulis maya (Wallwisher) yang mampu memfasiltasi pembelajaran kolaboratif dengan fitur-fitur audio-visual, berbagi dan mengkomunikasikan ide. Virtual online dimana guru dan peserta didik dapat melakukan pembelajaran secara kolaboratif, refleksi, berbagi link dan gambar dalam sebuah lokasi (URL).

Mengapa Padlet perlu kita gunakan karena :

a. Untuk melakukan brainstorming ide dari kelas.

b. Untuk menyusun penelitian tentang suatu topik

c. Untuk mengukur pemahaman tentang suatu topik

d. Untuk menguji pengetahuan peserta didik untuk mengelola link website

e. Untuk berbagi informasi bagi audiens.

Jadi dengan Padlet yang merupakan situs internet dapat digunakan untuk berkolaborasi secara on line berupa teks, foto, tautan atau konten lainnya. Dan masing-masing ruang kolaboratif ini merupakan “Wall” (dinding) yang dapat digunakan sebagai papan buletin pribadi. Dan ini merupakan wadah yang dapat digunakan untuk percakapan dan tukar pendapat multimedia yang kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar